memperkenalkan diri dengan baik dalam bahasa Inggris

self-introduction atau Memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris dengan baik sesungguhnya sama saja dengan memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia dengan baik. Inti dan isi dari perkenalan itu sama: bagaimana orang lain atau lawan bicara anda mengenali anda, informasi apa yang harus anda sampaikan agar orang itu dapat mengetahui hal-hal tentang anda.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi proses perkenalan ini:
1. Siapa lawan bicara anda? Manager rekruitmen pada sebuah perusahaan? Seorang yang kemungkinan secara kasual menjadi teman anda atau calon relasi? Atau pimpinan perusahaan?
2. Jika orang tersebut adalah orang asing, native speaker ataupun dari negara lain dimana bahasa Inggris merupakan bahasa kedua, maka pendekatannya akan sedikit berbeda.
3. Tertulis atau lisan?

Jika lisan, maka secara wajar proses perkenalan akan dimulai dengan jabatan tangan dan saling bertukar nama. Jika dia mengatakan “Hi, my name is Bill” anda bisa menjawab “Hi sir, my name is Adi”. Jika dia mengatakan “Greetings, my name is Bill” maka anda bisa menjawab “greetings sir” atau “nice to meet you sir” kemudian dilanjutkan dengan “my name is Adi”

Tergantung situasinya, anda tidak perlu merespon lebih lanjut, pada bangsa tertentu jika dia tidak bertanya mengenai sesuatu, maka dia tidak memerlukan informasi tersebut dari anda, kecendrungan ini bisa ditemui pada orang dari United Kingdom maupun Irlandia. Dalam situasi seperti ini anda boleh menanyakan bagaimana keadaanya, misal “how’s your day?” atau “how do you do?” dan dilanjutkan seperlunya. Jika berhadapan dengan orang Australia, ada kecendrungan anda boleh mengambil inisiatif untuk memperkenalkan diri anda. Ini semua tentunya bisa berlaku untuk wawancara kerja, jika pimpinan perusahan secara langsung mewawancarai anda.

Tapi bukan berarti anda menjadi pasif. Manfaatkan setiap pertanyaan dan jawab dengan informasi yang tepat dan perlu.

Perhatikan kalimat perintah/permintaan seperti ini “tell me about yourself”, kebanyakan dari orang Indonesia tidak siap dengan pertanyaan seperti ini, tapi inilah saatnya dimana anda dapat memperkenalkan diri anda secara efektif, dengan menanyakan pertanyaan ini orang tersebut sudah siap untuk menerima informasi mengenai anda. Jika ini adalah wawancara kerja, usahakan jawaban anda merupakan ringkasan yang tepat dari resume anda. Misal “well, my name is Adi, I am from Sempit street in the middle of Jakarta, I was graduated from Lulus Cepat University in September 2009, I’ve spent about four years there, it was quite long because I was actively involved in the student executive body, but it gave me the knowledge and experience consisted of: etc, etc. When I was in college, I worked part time in KFC for about 1 year, and was finally resigned to focus on my final tests… I am a hardworker and I have these skills…”

Perkenalan anda bisa dipotong dan ditengah anda akan dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan lain. Fokus dan anda akan baik-baik saja. Pada wawancara kerja, sebagian pewawancara (native speaker) biasanya menguasai bahasa Indonesia, jadi biarpun anda tidak bisa menjawab dalam bahasa Inggris dengan sempurna, substansi dari apa yang anda katakan lebih penting.

Tapi secara instan, memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris biasanya mencakup hal-hal seperti ini: Kata-kata atau kalimat sapa yang sopan, “hi” lebih bersiat kasual, jangan digunakan pada situasi resmi, anda bisa memilih: “greetings” atau “good day to you sir/madam/miss” atau “good evening” tapi jangan “good night” kalimat ini lebih lazim dipergunakan pada saat perpisahan. “Greetings” aman untuk dipergunakan secara tulisan, saya sering mempergunakannya untuk e-mail resmi, sifatnya sopan dan menyatakan niat baik.

Kemudian lanjutkan dengan nama anda: “my name is Adi”, kemudian siapa anda, terkait status yang ada hubungannya dengan kenapa anda bertemu dengan dia saat itu “I am the applicant for the vacancy in your company” (saya adalah pelamar untuk lowongan di perusahaan anda) atau ” I am the one whom Mr. Bill told you about, unfortunately he is busy presently so he can’t pick you up himself” (saya adalah orang yang diceritakan oleh tuan Bill, sayangnya dia sibuk sekarang, jadi dia tidak bisa menjemput anda) atau “I am from AAA insurance, I am here to make a proposal to you concerning one of our product that might benefit you and your company” (saya dari perusahaan asuransi AAA, saya disini untuk memberikan proposal terkait salah satu produk kami yang dapat menguntungkan bagi anda dan perusahaan anda)

Jika ada yang ingin anda tanyakan, fire away!

Postingan populer dari blog ini

TO BE AND AUXILIARY VERB

ISLAM SEBAGAI AJARAN, PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN

Etika Guru Terhadap Atasan (Pemimpin)