Tips Cepat Menghafal Vocabulary

Kata, kata, kata …. begitu banyak kata bahasa Inggris yang harus dipelajari dan sangat sulit mengingat semuanya. Dalam postingan kali ini saya akan memberikan 7 tips dari Paul Turner yang akan manjadikan belajar dan mengingat kosa kata baru lebih mudah, lebih cepat, lebih menyenangkan, dan lebih efektif.

1. Buat jaring hubungan kata

Otak kita merekam apa yang kita baca dan mengubahnya menjadi gambar-gambar, ide-ide, dan perasaan, etc. dan selanjutnya membuat hubungan antara apa yang kita tahu sebelumnya dengan informasi yang baru didapat (kata-kata dan ide-ide). Dengan ini kita mengingat sesuatu. Hal “baru” dipadukan dengan hal “lama”. Mari ambil contoh sebatang pohon. Cukup mudah bagi Anda untuk melihat sebatang pohon besar dengan banyak ranting dan daun dibanding melihat sebatang pohon kecil dengan ranting dan daun yang sangat sedikit, benar bukan? Nah begitu juga dengan otak Anda. Ketika Anda menghubungkan sebuah kata atau ide baru dengan sesuatu yang telah Anda ketahui sebelumnya akan menjadi lebih mudah bagi otak Anda untuk menemukan (melihat) nya ketika Anda perlu mengingatnya. Bagaimana Anda dapat melakukan ini? Mudah. Buat sebuah Jaring Ide. Mulai dengan sesuatu yang Anda ingin ingat (kata, ide, kalimat) di bagian tengah sebuah kertas. Kemudian buat garis-garis darinya seperti sebuah jaring laba-laba. Pada ujung setiap garis tulis ide atau kata apa saja atau bahkan gambar apa saja yang muncul dalam pikiran Anda ketika Anda mengatakan kata atau ide yang ada di bagian tengah. Apapun yang Anda pikirkan tidak masalah…. tuliskan saja.

Ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 menit. Sekarang semua kata/ide terhubung dalam pikiran Anda. Jika Anda melihat atau mendengar salah satu diantaranya itu akan membantu otak Anda mengingat semua kata yang lain. Agar tips ini benar-benar berfungsi, Anda bisa berbicara kepada diri Anda sendiri tentang bagaimana masing-masing kata/ide saling berhubung dengan yang lainnya. Semakin banyak Anda melakukan ini semakin banyak pula koneksi yang Anda buat. Banyak koneksi akan menjadikan sangat mudah bagi otak Anda untuk “melihat ” kata yang ingin Anda panggil ketika Anda mencoba untuk mengingatnya.

2. Ingat dalam gabungan (kolokasi)

Mengingat kata penting tetapi Bahasa Inggris merupakan sebuah bahasa dan bahasa bukan sekedar fakta-fakta yang harus diingat; Bahasa adalah untuk digunakan orang menyatakan ide-ide mereka dan untuk berkomunikasi. Jadi, carilah contoh tentang bagaimana setiap kata digunakan dalam teks Anda. Tulis beberapa kata sebelum dan setelah kata yang bersangkutan sehingga anda mengingat bagaimana ia digunakan. Contoh: jika kata yang ingin anda hafal adalah “arrogant” tuliskanlah sesuatu seperti ini …. “the tall, arrogant man”… Ini akan membantu Anda mengingat bahwa kata “arrogant” merupakan sebuah adjective (kata sifat) dan sehingga ia menjelaskan orang. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat 3 kalimat lengkap dengan kata tersebut untuk mempraktikkan penggunaannya.

3. Menggunakan gambar-gambar

Buat gambar-gambar kecil yang menunjukkan makna dari kata yang ingin Anda hafal jika Anda bisa menggambar. Mungkin terkesan ganjil tapi tips ini benar-benar berfungsi. Otak kita memiliki begitu banyak informasi “normal” yang datang setiap saat sehingga jika Ada gambar yang terkesan aneh maka tentu itu “tidak normal” bagi otak sehingga akan selau diingat. Otak kita juga dirancang khusus untuk menangkap dan memahami informasi visual dengan cepat. Jadi, buatlah gambar lucu yang menunjukkan makna dari kata yang ingin Anda hafal dan otak Anda akan mengingatnya dengan mudah.

4. Membuat cerita “gila”

Sering banyak yang mengatakan terlalu banyak kata baru yang harus diingat. Ada satu trik ingatan yang Anda bisa gunakan untuk melakukan ini. Buatlah sebuah cerita “gila” yang menggunakan semua kata-kata yang ingin Anda ingat. Gambarkan dalam pikiran Anda ketika anda membuat cerita tersebut. Kita bisa mengingat cerita dengan mudah, khususnya cerita “gila” yang kita bisa bayangkan secara rinci dalam pikiran kita. Ulangi cerita tersebut dan Anda akan mengingat kata-katanya. Ketika Anda membuat cerita tersebut hubungkanlah kata-kata yang ada dengan cara yang lucu. Contoh, jika Anda ingin mengingat kedua puluh kata berikut:

shoes, piano, tree, pencil, bird, taxi, books, driver, dog, pizza, flower, basketball, door, television, spoons, chair, jump, dance, computer, stone . . .

Anda bisa membuat sebuah cerita seperti ini:

There is a piano wearing shoes and climbing a tree. The tree is strange because someone has stuck a giant pencil through it. On the pencil a bird is sitting and watching a taxi full of people reading books. Even the driver is reading a book which is bad because he isn’t paying attention to driving. So, he hits a dog that is eating a pizza in the middle of the road and kills it. The driver digs a hole and buries the dogflower on it. He notices that there is a door in the dog’s grave and opens it. Inside he can see a television with 2 spoons for antennas on top of it. No one is watching the television because they are all watching the chair. Why? Because the chair is jumping and dancing and throwing stones at the computer. in it and then puts a

Cobalah. Anda akan tercengang dengan efeknya.

5. Memisah bagian-bagian kata

Gunakan awalan, akhiran, dan kata dasar untuk menebak arti sebuah kata. Contoh:

Anggap Anda mungkin tidak tahu arti kata “microbiology” tetapi Anda bisa menebak apa artinya. Pertama-tama, perhatikan awalan “micro”. Micro berarti sangat kecil. Anda mungkin juga mengingat bahwa “ology” berarti sebuah subjek, kajian tentang sesuatu. Jadi kita tahu bahwa sebagian dari kata ini berarti “kajian tentang” + “sesuatu yang kecil”. Sekarang, Anda mungkin mengingat bahwa “bio” berarti segala sesatu yang hidup. Jadi kita bisa menentukan bahwa microbiology kemungkinan berarti kajian terhadap makluk hidup yang sangat kecil. Ini benar. Bahasa Inggris seperti sebuah puzzle – kita meletakkan pototongan-potongan bersama-sama untuk membantuk kata baru. Jadi jika Anda ingin menghafal kata-kata dengan awal yang sering Anda lihat (un-, dis-, con-, micro-, etc.) dan kata dengan akhiran yang sering anda lihat (-able, -ly, -ent, -tion, -ive, etc) dan mengingat apa artinya, maka Anda akan mampu menebak apa arti dari banyak kata.

6. Pikirkan dan pelajari yang berlawanan

Pelajarilah kata-kata yang maknanya berlawanan (antonim) dan kata-kata dengan makna mirip (sinonim). Sebagai contoh, pelajari angry/happy (antonim) dan angry/cross (sinonim) secara bersama-sama. Kita bisa mengingat hal-hal yang serupa dan berlawanan dengan mudah karena “terpadu” dalam pikiran kita.

7. Waktu adalah segala-galanya

Menurut para ahli psikologi yang mengkaji bagaimana kita mengingat apa saja, terdapat cara yang lebih baik utuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan secara permanen. Gunakan kata baru dengan segera. Gunakan 10 menit kemudian. Gunakan 1 jam kemudian. Gunakan 1 hari kemudian. Gunakan 1 pekan kemudian. Setelah itu, jarang menggunakannya lagi tidak apa-apa – kata baru tersebut telah menjadi milik Anda selamanya.

0 Response to "Tips Cepat Menghafal Vocabulary"

Post a Comment

wdcfawqafwef