TAFSIR


TAFSIR
  1. Pendahuluan
Setiap muslim harus mengetahui dan menyadari bahwa amar ma’ruf adalah perbuatan yang baik / amal kebajikan yang memberi faedah bagi dirinya dan orang lain / masyarakat.
Allah akan mencintai orang – orang yang berbuat kebaikan seperti Firman Allah :
. (#þqãZÅ¡ômr&ur ¡ ¨bÎ) ©!$# =Ïtä tûüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÊÒÎÈ
berbuat baiklah kamu karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat
baik”.[1]

Mengajak kepada kebaikan merupakan amal kebajikan bagi orang yang beriman. Yang mukanya kearah timur dan ke barat. Tetapi orang yang beriman kepada Allah, malaikat, kitab Allah, Rasul Allah. Dan Selanjutnya akan penulis bahas dalam surah Al-Baqarah : 177. serta ayat-ayat lain yang berhubungan dengan “amar ma’ruf” (mengajak kepada kebaikan ). Antara lain : surah at-Taubah : 71, Al-Baqarah :177, 195, Ali Imran :110, 104, Al-An’am : 160. yunus :26.
  1. Ayat –Ayat dan Terjemahan
  1. Surah At-Taubah : 71
tbqãZÏB÷sßJø9$#ur àM»oYÏB÷sßJø9$#ur öNßgàÒ÷èt/ âä!$uŠÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4 šcrâßDù'tƒ Å$rã÷èyJø9$$Î/ tböqyg÷Ztƒur Ç`tã ̍s3ZßJø9$# šcqßJŠÉ)ãƒur no4qn=¢Á9$# šcqè?÷sãƒur no4qx.¨9$# šcqãèŠÏÜãƒur ©!$# ÿ¼ã&s!qßuur 4 y7Í´¯»s9'ré& ãNßgçHxq÷Žzy ª!$# 3 ¨bÎ) ©!$# îƒÍtã ÒOŠÅ3ym ÇÐÊÈ
71.  Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

  1. Surah AlBaqarah : 177
* }§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$# br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãr Ÿ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$# É>̍øóyJø9$#ur £`Å3»s9ur §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur É=»tGÅ3ø9$#ur z`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur tA#uäur tA$yJø9$# 4n?tã ¾ÏmÎm6ãm ÍrsŒ 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur tûüÅ3»|¡yJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# tû,Î#ͬ!$¡¡9$#ur Îûur ÅU$s%Ìh9$# uQ$s%r&ur no4qn=¢Á9$# tA#uäur no4qŸ2¨9$# šcqèùqßJø9$#ur öNÏdÏôgyèÎ/ #sŒÎ) (#rßyg»tã ( tûïÎŽÉ9»¢Á9$#ur Îû Ïä!$yù't7ø9$# Ïä!#§ŽœØ9$#ur tûüÏnur Ĩù't7ø9$# 3 y7Í´¯»s9'ré& tûïÏ%©!$# (#qè%y|¹ ( y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd tbqà)­GßJø9$# ÇÊÐÐÈ
177.  Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.

Al-Baqarah :195
(#qà)ÏÿRr&ur Îû È@Î6y «!$# Ÿwur (#qà)ù=è? ö/ä3ƒÏ÷ƒr'Î/ n<Î) Ïps3è=ök­J9$# ¡ (#þqãZÅ¡ômr&ur ¡ ¨bÎ) ©!$# =Ïtä tûüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÊÒÎÈ
195.  Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, Karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

  1. Surah Ali Imran : 110
öNçGZä. uŽöyz >p¨Bé& ôMy_̍÷zé& Ĩ$¨Y=Ï9 tbrâßDù's? Å$rã÷èyJø9$$Î/ šcöqyg÷Ys?ur Ç`tã ̍x6ZßJø9$# tbqãZÏB÷sè?ur «!$$Î/ 3 öqs9ur šÆtB#uä ã@÷dr& É=»tGÅ6ø9$# tb%s3s9 #ZŽöyz Nßg©9 4 ãNßg÷ZÏiB šcqãYÏB÷sßJø9$# ãNèdçŽsYò2r&ur tbqà)Å¡»xÿø9$# ÇÊÊÉÈ
110.  Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Ali –Imran : 104
`ä3tFø9ur öNä3YÏiB ×p¨Bé& tbqããôtƒ n<Î) ÎŽösƒø:$# tbrããBù'tƒur Å$rã÷èpRùQ$$Î/ tböqyg÷Ztƒur Ç`tã ̍s3YßJø9$# 4 y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd šcqßsÎ=øÿßJø9$# ÇÊÉÍÈ
104.  Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar[217]; merekalah orang-orang yang beruntung.

[217]  Ma'ruf: segala perbuatan yang mendekatkan kita kepada Allah; sedangkan munkar ialah segala perbuatan yang menjauhkan kita dari pada-Nya.

  1. Surah Al-An’am : 160
`tB uä!%y` ÏpuZ|¡ptø:$$Î/ ¼ã&s#sù çŽô³tã $ygÏ9$sWøBr& ( `tBur uä!%y` Ïpy¥ÍhŠ¡¡9$$Î/ Ÿxsù #tøgä žwÎ) $ygn=÷WÏB öNèdur Ÿw tbqßJn=ôàムÇÊÏÉÈ
160.        Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat Maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).




  1. Surah Yunus : 26
* tûïÏ%©#Ïj9 (#qãZ|¡ômr& 4Óo_ó¡çtø:$# ×oyŠ$tƒÎur ( Ÿwur ß,ydötƒ öNßgydqã_ãr ׎tIs% Ÿwur î'©!ÏŒ 4 y7Í´¯»s9'ré& Ü=»ptõ¾r& Ïp¨Ypgø:$# ( öNèd $pkŽÏù tbrà$Î#»yz ÇËÏÈ
26.  Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya[686]. dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan[687]. mereka Itulah penghuni syurga, mereka kekal di dalamnya.

[686]  yang dimaksud dengan tambahannya ialah kenikmatan melihat Allah.
[687]  Maksudnya: muka mereka berseri-seri dan tidak ada sedikitpun tanda kesusahan.

  1. Penafsiran Kata – Kata Sulit
  1. Surah At-Taubah : 71
a. kata “                 “ al-ma’ruf diterjemahkan dengan “kebaikan atau mengerjakan kebajikan”
b. kata                       yang pada hakikatnya, Allah akan memberi rahmat kepada mereka yang mengajak kepada kebaikan.[2]

  1. Surah Al-Baqarah : 177 dan 19
a.                    = kebaikan
dalam ayat ini, Allah menjelaskan bahwa kebaikan itu bukanlah

menghadapkan wajahmu kearah timur dan kebarat.
b.                                     = beriman kepada Allah. Beriman kepada Allah disini juga harus dibarengi dengan beriman kepada Malaikat Allah, kitab Allah dan Rasul Allah serta Hari kiamat.
c.                                     = berbuat baiklah, Allah menegaskan didalam ayat 195 ini akan kasih-Nya kepada orang – orang yang berbuat kebajikan

  1. Surah Ali Imran : 110, 104
a. Kata                         diterjemahkan sebagai  “umat yang terbaik”. Umat yang terbaik disini ialah orang-orang mereka yang menyuruh kepada yang me’ruf.
b.                       , sedangkan kata ini yaitu (kamu) yang beriman. Sebagian menusia ada yang beriman (amar ma’ruf) dan sebagian lagi yang fasik
c.                       Al’muflihuna dalam ayat 104 ini diartikan dengan kata “menang”. Kata menang ini dihadiahkan Allah bagi mereka (segolongan umat) yang bertugas menyeru kepada kebaikan.[3]

  1. Surah Al-An;am : 160
a.                                                        = pahala yang 10 x lipat. Allah membalas kebaikanmu dengan pahala sepuluh kali lipat.
b.                                                        = dengan seumpamanya. Maha bijaksanalah Allah, Bagi mereka yang membawa 1 kejahatan hanya dibalas sesuai dengan kejahatannya. Maha Pengasih Allah .
  1. Surah Yunus : 26
a.                                = Penghuni surga. Akhirnya dengan segala kemurahan – kasih – Nya Allah yang telah memberikan 10 x lipat hingga 700x lipat balasan (pahala) atas kebaikan yang telah dilakukan umat yang terbaik, maka terakhir Allah memasukkan mereka ke dalam Surga serta kekal di dalam nya selama-lamanya.[4]

  1. Tafsiran / Penjelasan Ayat.
  1. Surah At-Taubah : 71
Ayat diatas mengungkapkan bagaimana kewajiban seorang mukmin atau mukminat dalam kehidupan beragam di dunia ini. Dalam kehidupan ini, tidak cukup dengan pengakuan saja. Tetapi harus dibuktikan dengan saling membimbing satu sama lain antar mukmin dan mukminat, dan saling mengajak kepada kebaikan (makruf).
            Tiap – tiap orang islam bertanggung jawab terhadap kezaliman yang diperbuat orang didalam negaranya. Apabila yang demikian tidak dilaksanakan oleh kaum muslimin, maka Allah akan mendatangkan siksa. Bukan saja kepada orang-orang yang telah berbuat kezaliman, melainkan kepada seluruh penduduk Negara itu. [5]
  1. Surah Al-Baqarah : 177, 195
  1. Al-Baqarah : 177
Kebajikan itu ialah :
-          Meriman kepada Allah, hari akhir, malaikat, kitab-kitab dan rasul-rasul Allah .
-          Membelanjakan harta untuk karib kerabat, anak yatim, fakir miskin, musafir, peminta-minta yang lemah, memerdekakan hamba (amal social)
-          Mengerjakan shalat
-          Memberikan zakat
-          Menepati janji
-          Berhati sabar ketika ditimpa cobaan
Orang-orang yang melaksanakan segala hal yang tersebut diatas ialah orang-orang yang benar dan taqwa. Berbuatlah kebajikan dengan saling bombing membimbing (Amar ma’ruf nahi munkar ).
  1. Srah Al-Baqarah : 195
Ayat ini menjelaskan bahwa katika terjadi peperangan (lihat ayat sebelumnya 194), Allah menyuruh kamu membelanjakan hartamu untuk keperluan peperangan. Dan jangan lah kamu lemparkan dirimu ke dalam kebinasaan, seperti memasuki peperangan dengan tiada persediaan / tiada bersenjata. Hendaklah kamu perbaiki urusanmu dan berbuat baiklah Agar Allah senantiasa mengasihimu. Allah mengasihi orang – orang yang berbuat baik.

  1. Surah Ali Imran : 110, 104
  1. Surah Ali Imran : 110
Pada ayat ini Allah menyatakan bahwa umat islam adalah umat yang terbaik diantara segala umat-umat manusia yang ada dipermukaan bumi ini.                                  Hal ini disebabkan umat islam memiliki 3 sifat / 3 sukap dasar yang menjadi ukuran baiknya suatu umat yakni :
-          Amar ma’ruf
-          nahi munkar
-          beriman kepada Allah
  1. Surah Ali Imran : 104
Untuk menegakkan amar ma’ruf ini, semua umat islam harus berani dan tetap berpegang teguh pada prinsip bahwa kita semua umat islam adalah uamt yang terbaik. Dan didalam ayat ini mengandung pesan diantara umat islam harus ada orang / kelompok yang berni menegakkan amar ma’ruf nahi munkar agar umat islam itu tetap menjadi umat yang terbaik dan menjadi orang-orang yang beruntung.


  1. Surah Al-An’am : 160
Orang – orang yang berbuat kebaikan dibalas Allah dengan kebaikan pula serta ditambah-Nya dengan berlipat ganda. 1 kebaikan dengan 10 x lipat lebih, hingga 700 kali lipat dan setiap kejahatan dibalas Allah dengan yang setimpal dengan kejahatan itu, tiada lebih dan tiada dilipat gandakan

  1. Surah Yunus : 26
Dijelaskan disin mereka ( yang berbuat baik ) kelak diakhirat, muka mereka berseri – seri dan mereka masuk kedalam Jannah yang kekal, yakni surga yang terbaik.
            Sedangkan mereka yang datang dengan kejahatan, mereka mendaptkan kehinaan dan tak ada yang akan memeliharanya dari siksa Allah. Seolah-olah muka mereka ditutupi oleh malam yang gelap gulita. Serta mereka masuk kedalam neraka dan kekal didalam nya.[6]

  1. Peasn Inti / Poin Penting
  1. Surah At-Taubah : 71
a.       Mengajak kepada yang ma’ruf / kebajikan adalah mengajak orang untuk meanaati dan mengamalkan ajaran Allah dan Rasul_Nya.
b.      5 kewajiban dan tanggung jawab antar mukmin laki-laki dan perempuan antara lain : [7]
-          antar mukminin dan mukminat wajib saling tolong menolognm, kuat menguatkan, salainmg mengajak kepada kebajikan.
-          Wajib saliang amar ma’ruf nahi munkaar
-          Wajib mendirikan sholat 5 waktu sehari semalam
-          Wajib membayar zakat apabila telah memenuhi syariat / hukum agama
-          Mukmin laki-laki dan mukmin perempuan wajib menaati Allah dan Rasul-Nya baik dalam Perintahnya maupun dalam larangannya.
  1. Surah Al-Baqarah : 177 dan 195
a.       ketaqhuilan dan sadarilah bahwa amar ma’ruf nahi munkar memeerikan faedah yang sangat besar bagiu diri kita sendiri dan orang lain
b.      Allah menyayangi orang –orang yang berbuat kebajikan
c.       Saling mengingatkan lah antara kamu agar senantiasa kita semua termasu korang-orang yang terbaik disis Allah
  1. Surah Ali Imran : 110 dan 104
a.       karena Allah telah menyebut kamu umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, maka jadilah kamu sebaik-baik uamat yang lahir kedunia ini.
b.      Berbuat baik tidaklah semata-mata dengan pengakuan saja (KTP Islam saja) melainkan bertingkah laku dengan kelakuan yang baik.
c.       Nasihat menasehati itu adalah amat penting sekali dalam agama islam.
d.      Beriman kepada Allah haruslah dibarengi penegakan amar ma’ruf nahi munkar, sebab diantara sekian umat ada yang beriman dan ada yang fasik
e.       Jadilah segolongan umat yang mengajak kepada yang ma’ruf dan termasuk orang-orang yang menang (beruntung)
  1. Surah Al-An’am : 160
a.       bertaqwalah kepada Allah dengan berbuat kebajikan dan mengajak kepada kebaikan yang nantinya akan Allah beri 10 kali / lebih bertambah kebaikan padanya.
b.      Siapa saja yang berbuat kebaikan, kelak muka nya berserio-seri dan tak ada kehinaan baginya.
c.       Allah menghadirkan surga bagi siapa saja yang berbaut kebajikan dan mereka kekal didalamnya
d.      Dan binasalah orang – orang yang fasik yang datang dengan kejahatan. Mereka termasuk orang-orang yang kekal di neraka.
  1. Surah Yunus : 26
Segala sesuatu perbuatan kebaikan yagn kita lakukan hadiah terbaik untuk kita adalh surga, maka tegakkan lah amar ma’ruf nahimunkar.

  1. Kesimpulan
Ayat – ayat al-Qur’an memiliki makna yang sangat dalam dan penting. Dalam makalah ini telah dibahas diatas tentang ayat-ayat tentang berbuat kebaikan.
Yakni yagn terdapat pada ayat ayat berikut :
1.      Surah At-Taubah : 71
2.      Surah Al-Baqarah : 177, 195
3.      Surah Ali Imran : 110, 104
4.      Surah Al-An’am : 160
5.      Surah Yunus : 26
Yang inti nya dalam kajian ayat-ayat ini, mengwajibkan kepada orang – orang mukmin untuk senantiasa berbuat keabjikan (amar ma’ruf nahi munkar ), dan taat kepada Allah dan rasulnya.


[1] Toyib, Nazar Ismail, dan Abd. Wadud. Qur’an Hadits. (Jakarta : Departemen Agama RI, 2002). Hlm. 60-61.
[2] Ibid, hlm. 57
[3] M. Quraish shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Kesusilaan Al- Qur’an Vol.1, (Jakarta : Lentera Hati, 2001).
[4] Muhammad Yunus, Tafsir Qur’an Karim, ( Jakarta : Pt Hidakarya Agung, 1410 H ), hlm. 294
[5] Ibid, hlm. 275
[6] Ayat- Ayat tentang amar ma’ruf nahi munkar, (Http : //www.amar-ma’ruf-nahi-munkar.roadstar.com, diakses 30 Mei 2010 20.30)
[7] Toyib S, Nazwar Ismail, dan Abdul Wadud. Op. Cit. hlm. 58-59.

Postingan populer dari blog ini

TO BE AND AUXILIARY VERB

ISLAM SEBAGAI AJARAN, PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN

Etika Guru Terhadap Atasan (Pemimpin)