GREASY MONKEY


GREASEMONKEY Sang Script Manager

Bagi yang sering browsing menggunakan Mozilla Firefox pasti sudah tahu dengan addons yang satu ini. Greasemonkey adalah addons yang berfungsi sebagai script manager di dalam firefox sehingga kita bisa menambahkan bermacam-macam javascript yang dapat membantu dan memberi kita nilai lebih dalam berselancar di dunia maya. Untuk lebih jelasnya langsung saja praktek ke mozilla untuk install greasemonkey.

Caranya gampang :
  1. Buka firefox lalu klik menu Tool->add-ons, untuk memunculkan jendela add-ons.
  2. Pada tab Get add-ons masukkan kata kunci "greasemonkey" lalu enter untuk melakukan pencarian.
  3. Setelah greasemonkey ditemukan klik "add to firefox" dan tunggu hingga muncul jendela yang berisi pertanyaan apakah anda yakin menginstall add-ons tersebut. Klik "Install Now"
  4. Tunggu hingga proses instalasi selesai, jika langkah-langkah installasi diatas sudah benar maka pada add-ons yang diinstal akan muncul keterangan "Install Complete". Lihat gambar dibawah ini!.
Proses Installasi berhasil
Setelah installasi berhasil maka kita wajib untuk merestart program firefox kita. Coba perhatikan di sudut kanan bawah firefox, maka akan ada icon bergambar kepala monyet muncul. Setelah itu tinggal kita mencari script yang akan kita pasang di greasemonkey. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka www.userscript.org dari firefox yang terinstall gresemonkey.
  2. Kemudian ketik kata kunci di form pencarian untuk mencari script yang ingin dipasang pada greasemonkey, sebagai contoh kita pakai keyword "Facebook chat" maka akan ditampilkan berbagai script yang berhubungan dengan facebook chat. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.
  3. Pada contoh ini coba klik script yang bertuliskan "Facebook Chat Emoticons Bar" (script ini berguna untuk menampilkan daftar emoticon yang digunakan untuk chat di facebook pada chat box).
  4. Setelah itu akan muncul deskripsi dari script yang kamu pilih berikut penjelasan tentang kegunaannya, pada bagian kanan atas terdapat tombol bertuliskan "Install". Klik tombol itu untuk mengisntall script tersebut ke greasemonkey.Tunggu beberapa saat, maka akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.
  5. Klik tombol install, maka proses installasi script telah berhasil.
Untuk melihat hasilnya maka bukalah facebok dan cobalah buka chatbox kamu, jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar hasilnya kurang lebih akan seperti ini :

Catatan : Untuk menambahkan emoticon maka kamu tinggal klik gambar emoticon tersebut lalu enter. 

Itulah salah satu kegunaan greasemonkey dan script-scriptnya. Masih banyak script yang lebih menarik dan berguna yang dapat ditemukan di temukan di internet atau bahkan bisa dibuat sendiri jika kamu jago pemrograman. Bagaimana, sangat menarik bukan? Dan ingat tidak hanya facebook yang dapat kita sulap dengan greasemonkey, kebanyakan situs-situs terkenal sepertigoogle,blogger,yahoo, dan lain-lain. Bahkan situs game seperti travian pun banyak tersedia script yang siap untuk kita pasang di greasemonkey kita. Jadi, selamat bereksplorasi dan memasang script untuk website favoritmu.

0 Response to "GREASY MONKEY"

Post a Comment

wdcfawqafwef